Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk bertetangga dengan Rasulullah ﷺ di surga nanti. Di antaranya adalah:

  • Mencintai Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam dengan cinta yang sesungguhnya.
    “Seseorang bertanya Rasulullah ﷺ, kapan kiamat? beliau menjawab, “Apa yang kau siapkan?” Dia menjawab, “Aku tidak mempersiapkan dengan banyak shalat, puasa, dan zakat, hanya aku mencintai Allah dan RasulNya”. (Rasulullah) Shallallahu’alaihi wasallam bersabda, “Kau akan bersama dengan yang kau cintai.” [Musnad Ahmad hadits nomor: 12301].

Tanda Cinta kepada Nabi ﷺ

-membenarkan apapun yang diperintahkan Nabi ﷺ. “(3)Ucapannya itu tiada lain hanyalah wahyu yang diwahyukan (kepadanya). (4) yang diajarkan kepadanya oleh (Jibril) yang sangat kuat.” (An Najm 3-4).

Mentaati perintah dan menjauhi apa yang dilarang rasullah ﷺ. Sejatinya ketika taat kepada Nabi ﷺ adalah taat kepada Allah Ta’ala.
“Pada hari kiamat setiap umatku akan masuk surga kecuali yang enggan, ” para sahabat berkata; “Siapa yang enggan wahai Rasulullah?” beliau bersabda: “Barangsiapa taat kepadaku maka akan masuk surga, dan barangsiapa durhaka maka ia telah enggan.” [Musnad Ahmad hadits nomor: 8373].
Yang paling penting adalah bukan kita mengaku, tapi apakah pengakuan kita diterima.

-Tidak beribadah kecuali dengan syariat yang dicontohkan oleh Rasulullah ﷺ.

  • Rajin sholat. [Rabi’ah bin Ka’ab al-Aslami] dia berkata, “Saya bermalam bersama Rasulullah Shallallahu’alaihiwasallam, lalu aku membawakan air wudhunya dan air untuk hajatnya, maka beliau bersabda kepadaku, ‘Mintalah kepadaku.’ Maka aku berkata, ‘Aku meminta kepadamu agar aku menemanimu di surga -dia berkata, ‘Atau dia selain itu’. Aku menjawab, ‘Itulah yang dia katakan-maka beliau menjawab, ‘Bantulah aku untuk mewujudkan keinginanmu dengan banyak melakukan sujud’.” [Shahih Muslim: 754, Sunan Abu Daud: 1125].
    Shalat adalah satu-satunya kewajiban yang tidak akan pernah gugur selama masih hidup. Ada keringanan, tapi tidak bisa gugur.
  • Berhias diri dengan akhlaq yang mulia.
    “Pada hari kiamat orang paling saya cintai dan yang paling dekat denganku dari kalian adalah orang yang paling baik akhlaknya di antara kalian. Sedangkan orang yang saya benci dan paling jauh denganku dari kalian kelak di akhirat adalah orang yang paling buruk akhlaknya di antara kalian. Yaitu mereka yang banyak berbicara dan suka mencemooh manusia dengan kata-katanya.” [Musnad Ahmad: 17066].
    Amalan yang palin banyak memasukkan ke surga adalah taqwa dan akhlaq yang baik.
    akhlak kepada Allah
    Akhlak sesama makhluk.
    Akhlak yang baik sesama manusia itu
    ~Berbuat baik dengan mereka.
    ~tidak menyakiti mereka
  • memperbanyak shalawat kepada beliau ﷺ
    “Orang yang paling dekat denganku pada hari Qiyamat adalah yang paling banyak bershalawat kepadaku.”[Sunan Tirmidzi: 446]
    “Barangsiapa bershalawat kepadaku satu kali maka Allah akan bershalawat kepadanya sepuluh kali.”[Shahih Muslim: 616].
  • Mengasuh anak yatim.
    “Aku dan orang yang menanggung anak yatim berada di surga seperti ini.” Beliau mengisyaratkan dengan kedua jarinya yaitu telunjuk dan jari tengah.” [Shahih Bukhari: 5546].
  • mendidik anak perempuan.
    “Barang siapa memiliki tiga anak atau tiga saudara perempuan yang bertakwa kepada Allah ‘azza wajalla, dan ia memberi nafkah dan mendidik mereka, maka dia berada bersamaku di surga seperti ini”, dan beliau Rasulullah Shallallahu’alaihi wa Sallam mendemontrasikan dengan keempat jarinya.”[Musnad Ahmad: 12133].

Untuk lebih lengkap silakan simak video berikut ini. Kajian yang dibawakan oleh Ustadz Abu Ubaidah Yusuf As Sidawi, yang dilaksanakan pada hari Ahad, 26 Jumadil Akhir 1440 H /3 Maret 2019 di Masjid Menara Iman, Bae, Kudus.