TidakMalukahEngkauKepadaAllah-Ust-Ad-Dariny

Ketika kita ingat bahwa nikmat yang kita rasakan sangat banyak hingga kita tidak mampu untuk menghitungnya. Dan itu semua dari Allah Subhanahu wa Ta’ala. Tidak malukah kita kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala ketika kita membalasnya dengan kedurhakaan kepada-Nya?

Ibrahim Ibnu Adham (Abu Ishaq) berkata, Kalau engkau bisa menyanggupi 5 hal ini, maka kemaksiatan apapun tidak akan bisa membahayakanmu:

  1. Ketika engkau ingin bermaksiat kepada Allah maka engkau jangan makan rizki dari-Nya.
  2. Ketika engkau ingin bermaksiat kepada Allah, jangan tempati tempat yang dimiliki oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala.
  3. Ketika engkau ingin bermaksiat kepada Allah padahal engkau makan rizki dari-Nya dan menempati tempat milik Allah. Sekarang carilah tempat dari tempat-tempat tersebut yang tidak dilihat oleh Allah dan silakan bermaksiat di sana.
  4. Kalau datang kepadamu malaikat kematian ingin mencabut ruhmu katakan kepadanya “akhirkan ajalku sehingga aku dapat bertaubat dengan taubatan nasuha dan aku dapat melakukan amalan-amalan sholeh”.
  5. Ketika nanti di hari kiamat ada malaikat-malaikat Zabaniah yang ingin menggiringmu ke neraka, jangan mau. Tapi pergilah ke dalam surga Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Semoga lima hal di atas (walaupun secara ringkas) dapat menambah semangat kita dalam berbuat ketaatan dan menjauhkan pikiran kita dari berbuat maksiat. Itu sedikit dari banyak hal yang disampaikan oleh al Ustadz Dr. Musyafaa’ Ad Dariny, MA. dalam ceramahnya beliau pada hari Senin, 12 Syawal 1439 | 25 Juni 2018 di Masjid Al Burhan, Soka, Salatiga dengan tema “Tidak Malukah Engkau kepada Allah?”.

Untuk kajian selengkapnya silakan unduh dan simak kembali rekaman audio (mp3) di bawah ini. Semoga bermanfaat.

Ustadz Dr. Musyafaa’ Ad Dariny, MA. – Tidak Malukah Engkau kepada Allah?